BREAKING

Asal Usul Nama Planet

Advertisement:


1. Merkurius
Planet Merkurius diambil dari nama Merkurius, dewa romawi yang bertugas sebagai pemberi kabar, petunjuk, dan wahyu. Dia mempunyai kecepatan terbang yang sangat luar biasa dan biasanya dia sering bersama dewa Mars. Planet ini sesuai dengan dewa merkurius yaitu dapat terbang sangat cepat. Sedangkan, planet ini merupakan planet yang mengitari matahari dengan sangat cepat.

2. Venus Planet Kejora
Diambil dari nama Dewi kecantikan. Venus merupakan pasangan dari dewa Mars. Planet ini mendapat nama seperti itu karena planet venus sangat indah jika dilihat kapanpun. Itu karena atmosfernya 90% terdiri dari CO2 yang bersifat menyerap cahaya matahari sehingga planet ini terlihat berkabut dengan cahaya yang sangat indah.

3. Bumi
Tidak diketahui secara asli mengapa dinamakan bumi. Tetapi, beberapa sumber mengatakan bahwa bumi merupakan nama lain dari Dewi Gaia, Dewi yang menjaga alam semesta dan memberi kemakmuran serta kehidupan. Mungkin, nama itu diberikan kepada planet tempat kita bermukim ini karena disini merupakan tempat yang memiliki sumber kehidupan yang sangat penting yaitu, air.

4. Mars
Mars merupakan nama dari Dewa perang orang-orang bangsa romawi dan suami dari dewi Venus. Para orang terdahulu menganggap planet merah ini sebagai perwujudan dari dewa Mars karena rupa planet ini yang agak merah. Mereka menganggap Dewa mars sangat senang sekali untuk berperang. Perang identik dengan timbulnya korban jiwa ataupun darah, oleh karena itu mereka menamai planet ini dengan sebutan Mars.

5. Jupiter
Planet terbesar ini layak mendapat nama Jupiter. Itu karena secara fisik, planet ini memiliki massa yang sangat menakjubkan. Di samping itu Jupiter merupakan nama dari raja semua dewa romawi yang otomatis juga bertubuh raksasa.

6. Saturnus
Saturnus merupakan dewa romawi terkuat ke-2 dan dia adalah kakek dari Jupiter. Selain itu, saturnus adalah dewa pertanian yang suka terhadap keindahan di bumi. Bisa dihipotesakan bahwa planet bercincin ini mendapat nama itu karena perwujudannya yang sangat indah dengan ditambah cincin es berlapis yang tersusun dari debu-debu es.

7. Uranus
Uranus si dewa langit ini mempunyai istri bernama gaia (dewi bumi) yang menurunkan para titan dan dewa hebat di generasi berikutnya. Uranus memiliki anak yang kuat yaitu saturnus. Planet ini berkabut seperti langit di bumi karena atmosfernya yang terdiri dari hidrogen dan helium.

8. Neptunus
Neptunus adalah dewa laut yang ciri khasnya adalah sering membawa trisula, tombak yang berpisau atau bertanduk tiga. Planet ini sangat cocok diberi nama neptunus karena di dalam planet ini terdapat lauan air yangsangat luas yang tersusun dari air beku dan debu yang gagal menguap dikarenakan tekanan pada inti neptunus ini menekan molekul agar tidak bisa menguap.

9. Pluto
Mengenai masalah ini juga sempat menjadi kontroversi. Karena sempat membuat banyak pihak saling berselisih paham. Banyak yang bilang nama ini berasal dari karakter anjing dalam komik Walt Disney. Kenyataan bahwa komik tersebut memulai debutnya pada tahun yang sama dengan penemuan benda angkasa tersebut oleh manusia dipercaya banyak pihak sebagai salah satu alasannya.
Nama Pluto juga merupakan nama seorang dewa dari kebudayaan Romawi yang menguasai dunia kematian (Hades dalam kebudayaan Yunani). Nama ini diberikan mungkin karena benda angkasa ini sama gelap dan dinginnya dengan dewa tersebut,selain juga misteri yang menyelimutinya.
Ternyata banyak nama lain yang pernah ditolak untuk menamai planet baru tersebut. Salah satunya adalah Minerva, yang berarti dewi ilmu pengetahuan. Alasannya jelas, karena nama tersebut sudah dipergunakan untuk hal yang lain. Lalu ada nama Constante, merujuk pada nama pendiri observatorium tempat Clyde bekerja, Constante Lowell. Namun pemberian nama Lowell juga ditolak secara perlahan-lahan.
Hingga kini bisa dibilang Pluto adalah salah satu benda angkasa yang paling jarang diteliti manusia. Berbagai alasan menyebabkan berbagai proyek untuk meneliti Pluto terhenti.

Sumber : Wikipedia


Advertisement:

""

Kami sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas keakuratan/kebenaran/keterlambatan/tidak tersampaikannya informasi kepada publik. Semua informasi berupa artikel, gambar, video, suara, ataupun yang lainnya yang ada di Blog ini hanyalah sebagai informasi gratis untuk semua publik dan terkadang diambil dari sumber lain, dimana hak cipta tetap dipegang oleh Pemilik Sumber Asli tersebut. Semua informasi yang dipublikasikan oleh Blog Update Campuran tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam hukum, medis, atau sebagai acuan/referensi yang sifatnya pasti. Jika Anda memiliki masalah dengan informasi yang ada disini, silahkan hubungi kami dan kami akan menghapus Informasi yang bersangkutan dengan segera. Terimakasih

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.

 
Copyright © 2013 Update Campuran
Design by FBTemplates | BTT